Posted by : Gelas Kaca January 18, 2015

Linee... 
Salah satu aplikasi yang dapet bintang lima dari ***** dari saya
yaahhh,, saya menyukai aplikasi ini





Pengaruh Line Dalam Komunikasi Bisnis
Disusun oleh :
-          Rani Haulya Andri      (41202094)
-          Sarah Safira Amalia    (41202101)
-          Siti Nurindah Sari       (41202104)
-          Suriani                         (41202112)
-          Tiya Meiatun               (41202116)

DOSEN          : Fitria Pratiwi, S.S., M.Hum.
Mata Kuliah    : Komunikasi Bisnis
Prodi               : Manajemen Perbankan Syariah


ABSTRAK
 Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh LINE terhadap komunikasi bisnis. Dalam penelitian ini kami hanya menggunakan perspepsi dari setiap penulis dengan cara mengolah data yang didapatkan dari wawancara, dan observasi lapangan dengan menggunakan aplikasi LINE. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa LINE sangat berpengaruh dalam komunikasi bisnis. Ini terbukti dengan banyaknya jumlah unduhan LINE di aplikasi play store  yang berkisar  + 100 jt. Jumlah unduhan LINE melejit sangat cepat padahal LINE baru saja diluncurkan pada pertengahan tahun 2011.


  
PENDAHULUAN
            Kecanggihan teknologi pada masa sekarang ini tidak bisa dipungkiri lagi. Kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat tentunya tidak terlepas dari pemikiran manusia yang selalu ingin maju. Media sosial merupakan salah satu bukti bahwa perkembangan zaman ini semakin cepat. Media sosial adalah sebuah media online dimana para pengguna dari belahan dunia manapun bisa dengan bebas berinteraksi kapanpun dan dimanapun. Media sosial terbagi atas beberapa macam misalnya wordpress, wiki, blog jejaring sosial dan lain-lain.
             Jejaring sosial merupakan suatu bentuk dari media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di dunia untuk saling berinteraksi.   Layanan pengguna aplikasi jejaringan sosial semakin marak dan bertambah hampir tiap harinya. Banyak user yang mengunduh aplikasi ini di google play, dan menurut data aplikasi yang paling banyak diminati antara lain Facebook, Instagram, Bbm, Line, WhatsApp, WeChat dan Kakao Talk. Ketujuh layanan ini tercacat sebagai rekor terbesar yang menempati posisi paling atas dengan daftar undahan.
Berikut data unduhan pengguna jejaring sosial di dunia :
Sumber : Aplikasi Play Store (Data Diolah)
            Berdasarkan data diatas aplikasi yang paling banyak digunakan adalah facebook berkisar 51% yaitu sekitar +1 M pengguna aplikasi terbanyak kedua adalah WhatsApp dengan persentase sebesar 26% sekitar +500 jt pengguna. Selanjutnya ada empat aplikasi yang menempati posisi dengan jumlah unduhan hampir sama  diantaranya yaitu Line, Instagram, WeChat, Kakao Talk sebanyak 5%  unduhan yaitu sekitar +100 jt pengguna.  Pengguna aplikasi jejaring sosial yang menempati posisi paling bawah dan baru mulai berkembang yaitu BBM yang baru diunduh sekitar 3% dari seluruh dunia yaitu +50 jt unduhan.
            Banyak atau tidaknya pengguna jejaring tergantung bagaimana aplikasi diolah dan di desain oleh para pembuatnya agar bermanfaat dan memberikan timbal balik kepada pengguna jejaring sosial.  
PEMBAHASAN
Sejarah Line
            LINE merupakan aplikasi messaging yang dibuat oleh perusahaan  NHN Corporation asal Korea Selatan. NHN Corporation juga mengoperasikan Never, Mesin cari online terbesar di Korea Selatan. LINE diluncurkan pada tanggal 23 juni 2011 oleh NHN cabang Jepang setelah terjadinya gempa bumi di  Jepang. NHN Jepang menyadari kerusakan besar komunikasi dan menemukan bahwa layanan data akan bekerja lebih efisien. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk membuat aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone,tablet dan dekstop untuk melakukan instant messaging secara gratis.
Pengaruh  Line Dalam Komunikasi Bisnis
            Berdasarkan hasil penelitian yang kami lakukan LINE tidak hanya berperan dalam bidang komunikasi online saja, tetapi LINE juga dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis online dengan berbagai produk yang ditawarkan. Berbagai macam aplikasi yang ditawarkan melalui LINE ini membuat para penggunanya meningkat setiap hari. Hadirnya LINE dengan keunggulannya dapat menunjang pangsa pasar yang luas bagi para pelaku bisnis online.
            Peran LINE dalam bisnis online antara lain adalah LINE sebagai media promosi yang dianggap efektif oleh para pengusaha, LINE juga berperan sebagai media komunikasi antara penjual dengan pembeli selanjutnya, LINE juga berperan sebagai wadah penampung aspirasi baik kritik ataupun saran bagi konsumen.
            Dengan adanya pasar online kemitraan atau interaksi antara perusahaan dengan konsumen juga telah berubah. Informasi yang diberikan oleh perusahaan bisa melalui pesan-pesan broadcast online dan juga ditulis melalui timeline.
            Kelebihan LINE sebagai media untuk komunikasi bisnis adalah Pertama, Free call sesama pengguna LINE. Kedua, memiliki emoticon yang banyak dan lebih menarik. ketiga, memiliki timeline sebagai wadah update status yang dapat dikomentar. Ke-empat, memiliki games online yang dapat dimainkan bersama teman-teman LINE lainnya. Kelima, dapat membentuk grup messenger yang terdiri dari 100 orang. ke-enam, account ID dan user ID yang menggunakan nomor telepon sehingga memudahkan pengguna menginvite seseorang. Ketujuh, menyediakan Add friend QR code. Kedelapan, menyediakan fitur non-publik dengan mematikan Public User ID yang terdapat dalam profile.  Kesembilan, Dapat digunakan di iOS maupun android. (Kaskus.com)
Fasilitas Komunikasi Yang Terdapat Pada Line
            LINE merupakan salah satu dari berbagai jenis jejaring sosial yang dimanfaatkan sebagai media untuk melakukan bisnis online. Fasilitas yang diberikan oleh line hampir mencakup semua yang ada di aplikasi jejaring sosial lainnya. Diantaranya yaitu :
Berikut fasilitas yang terdapat dalam LINE :


v  Chating online : Fasilitas yang satu ini memang tidak kalah saing dengan jejaring sosial yang lainnya.  Chatting online yang ada pada LINE memiliki beberapa kelebihan diantaranya bisa membuat grup dengan meng-invite teman-teman lainnya untuk ikut mengobrol dalam grup tersebut. Keunggulan yang bisa didapatkan pada grup LINE  diantaranya kita bisa membuat catatan panjang untuk diingat dan dibaca oleh seluruh members grup, catatan ini bisa dijadikan untuk media promosi bagi para pengusaha online dalam memperkenalkan keunggulan produk yang dijual. Selanjutnya LINE juga memiliki album di dalam grup tersebut. Album ini bisa digunakan sebagai media untuk pengiriman contoh gambar produk   sebagai ajang untuk mempromosikan produk yang dijual oleh para pengusaha online ini.
v  Voice Note : Guna pesan suara memberikan kemudahan bagi para pengguna LINE dalam berkomunikasi jika terdapat informasi yang sulit untuk dijelaskan melalui pesan atau chating. Begitu juga dengan penggusaha  online, bisa menjelaskan kriteria produk yang dijual sehingga membuat para calon pembeli yakin dengan kualitas barang yang ditawarkan.
v  Free Call : Free call ini bisa dimanfaatkan oleh konsumen untuk berkomunikasi secara langsung guna untuk memastikan produknya dan menjawab pertanyaan konsumen yang penasaran tentang produk-produk yang ingin dibeli.  
v  Video Call : Komunikasi bisnis yang ditawarkan oleh salah satu produk LINE yang juga gratis ini antaranya adalah bisa mengenal rekan bisnis secara lebih dekat, memudahkan untuk membicarakan hal-hal yang dianggap penting oleh pengusaha online. Selain itu video call ini juga bisa digunakan sebagai wadah komunikasi dengan konsumen misalnya sebagai media untuk komunikasi langsung dengan melihat wajah dari pengusaha online ataupun konsumen guna untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

Strategi Bisnis Yang Diterapkan Line
Sebagai media sosial yang diminati para pelajar hingga pekerja, LINE tentu menggunakan strategi dalam memasarkan produknya. Tidak hanya kepada para penggunanya, tetapi juga kepada para mitra. Para mitra ini yang selanjutnya akan bersinergi untuk mempromosikan produk mitra. Perusahaan LINE menawarkan kesempatan bagi para mitra untuk memiliki akun resmi yang nantinya dijadikan  sebagai tempat promosi.
Salah satu alat promosi yang digunakan yaitu stiker. Stiker ini berguna untuk menunjukkan logo ataupun identitas perusahaan yang nantinya dapat di unduh oleh para pengguna, sehingga para pengguna lebih mengenal perusahaan mitra yang bersangkutan. Selain melalui pemasangan stiker perusahaan, promosi juga dapat dilakukan melalui fungsi timeline. Melalui fungsi ini, klien dapat memposting segala diskon dan promosi lainnya yang dapat dilihat para pengguna LINE yang berada dalam satu pertemanan.Beberapa kerjasama yang dapat diajukan dalam menjalin kerjasama antara perusahaan mitra dan perusahaan LINE, yaitu :  (https://partner.line.me/in/)
·         Proposal Kemitraan Publikasi
·         Proposal Kemitraan Bisnis
·         Saluran LINE
·         LINE untuk Promosi
·         Sticker
·         Mitra Toko Sticker
·         Proposal Kemitraan Saluran
·         Proposal Kemitraan Bisnis
·         Hak Pelanggan

Komunikasi bisnis yang ditawarkan LINE kepada para mitranya yaitu dengan menyediakan tempat promosi bagi perusahaan mitra sehingga perusahaan mitra dapat dikenal oleh para pengguna LINE dan pengguna LINE dapat bertambah dengan berbagai iklan yang dilakukan oleh perusahaan mitra terkait aplikasi yang disediakan di LINE.  Bentuk proposal kemitraan yang disediakan oleh perusahaan LINE:

Pengaruh Line terhadap Penjualan Line Produk Line

      Semakin meningkatannya pertumbuhan pengguna sosial media dari tahun ketahun, memberikan  peluang yang sangat besar bagi para pemasar untuk lebih mendekatkan brand-nya kepada konsumennya, Adanya promosi yang disponsori banyak pihak dan iklan yang gencar, aplikasi yang bisa digunakan untuk IM gratis dan telepon via smartphone/tablet/desktop ini sekarang telah menjadi jejaring sosial terlaris di 44 termasuk pengguna LINE di Indonesia mencapai 23 juta pengguna setelah 5 bulan diluncurkan resmi dari 160 juta pengguna di seluruh dunia. LINE menggunakan celebrity yang sesuai dengan citranya dalam setiap penayangan iklan produknya. jika ditinjau dari terus meningkatnya penjualan LINE sampai dengan kuartal  1 2013. Pada kuartal 4 2012 penjualan LINE menyumbang 28% dari total penjualan NHN, dan pada kuartal 1 2013 LINE mengalami peningkatan menjadi 44% dari total penjulan NHN (www.nhncorp.com). 
      Pertumbuhan LINE terlihat sangat pesat, mereka berhasil mendapatkan 100 juta pengguna dalam waktu 19 bulan. Jika dibandingkan dengan pertumbuhan Twitter yang membutuhkan waktu 49 bulan untuk mendapatkan 100 juta pengguna dan facebook membutuhkan waktu selama 54 bulan untuk mengumpulkan 100 juta pengguna. Pendapatan LINE diperoleh antara lain dari pemasangan iklan bagi perusahaan-perusahaan dan penjualan sticker LINE. Seiring dengan meningkatnya penjualan LINE, perusahaan NHN menjalankan beberapa langkah promosinya, yaitu salah satunya dengan menunjuk celebrity lokal sebagai celebrity endorser LINE.Celebrity endoser yang dinilai memiliki pengaruh besar dalam promosi LINE tersebut adalah Nidji, Agnes Monica dll,  Hal ini dimaksudkan agar LINE mampu meraih perhatian audiens di Indonesia.   (http://ejournal.uajy.ac.id/4795/1/Artikel%20.pdf)


 
Pengaruh Line Terhadap Tingkat Penjualan Dalam Bisnis
            Dalam penggunaan LINE semua pelanggan dapat melakukan penjualan bisnis dengan cepat dan terpercaya, seperti promosi produk baru, promosi diskon harga, dan lain sebagainya melalui iklan di LINE. Bukan hanya itu saja tapi bisa juga  dijadikan tempat promosi untuk meningkatkan  fans seperti artis dan fans club seperti club bola dunia.  Semua penjualan dan promosi tersebut dapat dilakukan menggunakan akun  resmi LINE  yang dapat dipercaya  karena LINE  menyediakan akun-akun resmi untuk menghindari adanya penipuan yang di khawatirkan oleh kebanyakan kalangan pengguna LINE. Contoh akun-akun resmi LINE adalah sebagai berikut :
·         Indomart
Indomart menggunakan  LINE  sebagai media untuk promosi barang-barang yang diskon. Contohnya promosi penjualan  tiket pesawat, iklan kupon diskon hotel di www. pegipegi.com, promo i-kupon melalui struk pembelanjaan di indomart, promo pengiriman paket, bagi-bagi kupon pada event-event tertentu (hari ibu, tahun baru),
·         Samsung Indonesia
Samsung mempromosikan segala bentuk dan jenis keluaran produk baru yang mereka ciptakan. Dan pada event-event  tertentu samsung akan mengadakan diskon besar-besaran, semua info itu bisa di dapatkan melalui LINE.
·         Radio 987 GEN FM
987 GEN FM merupakan salah satu nama radio di indonesia, dia menggnakan sarana LINE untuk memberitahukan siaran-siaran terbaru, atau  judul-judul lagu yang akan nyayikan  pada saat itu, ucapan selamat natal dan tahun baru, dan untuk mengucapkan salam trimakasih bagi sobat GEN yang telah ikutan kirim-kirim salam dan request lagunya.
·         Manchester United
Manchester United  merupakan social messaging platform terpopuler di Asia. Akun resmi Manchester United ini diliris dalam bahasa Inggris dan bahasa lokal tersedia Jepang dan Thailand. Dengan LINE Manchester United  dapat memberikan informasi mengenai para pemain bola, pemain pencetak gol, dan info seputar bola dunia. (bola.metrotvnews.com)
·         Kantor  berita BBC
Kantor berita asal inggris ini memiliki akun LINE  resmi di 11 negara. BCC dapat menyiarkan berbagai gambar berita utama dan video klip pendek dengan caption berita untuk dibaca para follower-nya. (http://id.techinasia.com/akun-kantor-berita-bbc-tersedia-di-aplikasi-line/)
            Contoh diatas merupakan sebagian kecil dari sekian banyak akun-akun resmi yang ada di LINE untuk promisi.




PENUTUP

Kesimpulan
LINE merupakan salah satu jejaring sosial sangat diminati oleh para pengusaha online yaitu untuk mengembangkan usaha mereka yang berjualan melalui toko online.
LINE juga memberikan fasilitas yang lengkap untuk para penggunanya. Dimana fasilitas ini sangat mendukung pengusaha online untuk mempromosikan berbagai macam produk yang mereka tawarkan. Bukan hanya pengusaha online saja yang bermain di LINE ini, bahkan toko-toko yang sudah terkenalpun ikut mempromosikan produk-produk mereka melalui LINE. Seperti Alfamart, Indomart, Samsung, Bolt, dan juga artis untuk menaikan pamor mereka  melalui sticker ataupun official account yang ada pada LINE.

Saran
1.        Dalam melakukan komunikasi bisnis dengan LINE ada baiknya pengusaha online selalu melaporkan usaha mereka kepada official account LINE agar akun yang mereka buat resmi dan dipercaya oleh semua pihak. Kepercayaan konsumen adalah hal yang utama dan paling penting sekali dalam bisnis.
2.        Bagi konsumen online ada baiknya sebelum melakukan pembelian secara online selau meneliti akun-akun yang berjualan dengan cermat. Ini guna untuk menghindari terjadinya hal-hal tidak diinginkan dalam pasar online. Atau konsumen bisa meggunakan fasilitas-fasilitas yang tersedia di LINE seperti free call, video call.

Daftar Pustaka
(bola.metrotvnews.com
            (aplikasi Play Store)



- Copyright © Gelas Kaca - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -