- Back to Home »
- Tulisan »
- Line Dalam Komunikasi Bisnis
Posted by : Gelas Kaca
January 18, 2015
Linee...
Salah satu aplikasi yang dapet bintang lima dari ***** dari saya
yaahhh,, saya menyukai aplikasi ini
Pengaruh Line Dalam Komunikasi
Bisnis
Disusun oleh :
-
Rani Haulya Andri (41202094)
-
Sarah Safira Amalia (41202101)
-
Siti Nurindah Sari (41202104)
-
Suriani (41202112)
-
Tiya Meiatun (41202116)
DOSEN
: Fitria Pratiwi, S.S., M.Hum.
Mata
Kuliah : Komunikasi Bisnis
Prodi : Manajemen Perbankan Syariah
ABSTRAK
Penelitian ini
bertujuan untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh LINE terhadap komunikasi
bisnis. Dalam penelitian ini kami hanya menggunakan perspepsi dari setiap
penulis dengan cara mengolah data yang didapatkan dari wawancara, dan observasi
lapangan dengan menggunakan aplikasi LINE. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa LINE sangat berpengaruh dalam komunikasi bisnis. Ini terbukti dengan
banyaknya jumlah unduhan LINE di aplikasi play store yang berkisar
+ 100 jt. Jumlah unduhan LINE melejit sangat cepat padahal LINE
baru saja diluncurkan pada pertengahan tahun 2011.
PENDAHULUAN
Kecanggihan
teknologi pada masa sekarang ini tidak bisa dipungkiri lagi. Kemajuan teknologi
yang berkembang sangat pesat tentunya tidak terlepas dari pemikiran manusia
yang selalu ingin maju. Media sosial merupakan salah satu bukti bahwa perkembangan
zaman ini semakin cepat. Media sosial adalah sebuah media online dimana para
pengguna dari belahan dunia manapun bisa dengan bebas berinteraksi kapanpun dan
dimanapun. Media sosial terbagi atas beberapa macam misalnya wordpress, wiki,
blog jejaring sosial dan lain-lain.
Jejaring sosial merupakan suatu bentuk dari
media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di dunia untuk saling
berinteraksi. Layanan pengguna aplikasi jejaringan sosial
semakin marak dan bertambah hampir tiap harinya. Banyak user yang mengunduh
aplikasi ini di google play, dan menurut data aplikasi yang paling banyak
diminati antara lain Facebook, Instagram, Bbm, Line, WhatsApp, WeChat dan Kakao
Talk. Ketujuh layanan ini tercacat sebagai rekor terbesar yang menempati posisi
paling atas dengan daftar undahan.
Berikut
data unduhan pengguna jejaring sosial di dunia :
Sumber : Aplikasi Play Store (Data Diolah)
Berdasarkan
data diatas aplikasi yang paling banyak digunakan adalah facebook berkisar 51%
yaitu sekitar +1 M pengguna aplikasi terbanyak kedua adalah WhatsApp dengan
persentase sebesar 26% sekitar +500 jt pengguna. Selanjutnya ada empat
aplikasi yang menempati posisi dengan jumlah unduhan hampir sama diantaranya yaitu Line, Instagram, WeChat,
Kakao Talk sebanyak 5% unduhan yaitu
sekitar +100 jt pengguna. Pengguna aplikasi jejaring sosial yang
menempati posisi paling bawah dan baru mulai berkembang yaitu BBM yang baru
diunduh sekitar 3% dari seluruh dunia yaitu +50 jt unduhan.
Banyak
atau tidaknya pengguna jejaring tergantung bagaimana aplikasi diolah dan di
desain oleh para pembuatnya agar bermanfaat dan memberikan timbal balik kepada pengguna
jejaring sosial.
PEMBAHASAN
Sejarah
Line
LINE
merupakan aplikasi messaging yang dibuat oleh perusahaan NHN Corporation asal Korea Selatan. NHN
Corporation juga mengoperasikan Never, Mesin cari online terbesar di Korea
Selatan. LINE diluncurkan pada tanggal 23 juni 2011 oleh NHN cabang Jepang setelah
terjadinya gempa bumi di Jepang. NHN
Jepang menyadari kerusakan besar komunikasi dan menemukan bahwa layanan data
akan bekerja lebih efisien. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk membuat
aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone,tablet dan dekstop untuk
melakukan instant messaging secara gratis.
Pengaruh Line Dalam Komunikasi Bisnis
Berdasarkan
hasil penelitian yang kami lakukan LINE tidak hanya berperan dalam bidang komunikasi
online saja, tetapi LINE juga dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis online
dengan berbagai produk yang ditawarkan. Berbagai macam aplikasi yang ditawarkan
melalui LINE ini membuat para penggunanya meningkat setiap hari. Hadirnya LINE dengan
keunggulannya dapat menunjang pangsa pasar yang luas bagi para pelaku bisnis
online.
Peran
LINE dalam bisnis online antara lain adalah LINE sebagai media promosi yang
dianggap efektif oleh para
pengusaha, LINE juga berperan sebagai media komunikasi antara penjual dengan
pembeli selanjutnya, LINE juga berperan sebagai wadah penampung aspirasi
baik kritik ataupun saran bagi konsumen.
Dengan
adanya pasar online kemitraan atau interaksi antara perusahaan dengan konsumen
juga telah berubah. Informasi yang diberikan oleh perusahaan bisa melalui
pesan-pesan broadcast online dan juga ditulis melalui timeline.
Kelebihan
LINE sebagai media untuk komunikasi bisnis adalah Pertama, Free call sesama pengguna LINE. Kedua, memiliki emoticon yang banyak dan lebih menarik. ketiga,
memiliki timeline sebagai wadah update
status yang dapat dikomentar. Ke-empat, memiliki games online yang dapat dimainkan bersama teman-teman LINE lainnya.
Kelima, dapat membentuk grup messenger
yang terdiri dari 100 orang. ke-enam, account
ID dan user ID yang menggunakan
nomor telepon sehingga memudahkan pengguna menginvite seseorang. Ketujuh, menyediakan
Add friend QR code. Kedelapan, menyediakan
fitur non-publik dengan mematikan Public
User ID yang terdapat dalam profile. Kesembilan, Dapat digunakan di iOS maupun
android. (Kaskus.com)
Fasilitas
Komunikasi Yang Terdapat Pada Line
LINE
merupakan salah satu dari berbagai jenis jejaring sosial yang dimanfaatkan sebagai
media untuk melakukan bisnis online. Fasilitas yang diberikan oleh line hampir
mencakup semua yang ada di aplikasi jejaring sosial lainnya. Diantaranya yaitu
:
Berikut fasilitas yang terdapat dalam LINE :
v Chating online :
Fasilitas yang satu ini memang tidak kalah saing dengan jejaring sosial yang
lainnya. Chatting online yang ada pada LINE memiliki beberapa kelebihan
diantaranya bisa membuat grup dengan meng-invite teman-teman lainnya untuk ikut
mengobrol dalam grup tersebut. Keunggulan yang bisa didapatkan pada grup LINE diantaranya kita bisa membuat catatan panjang
untuk diingat dan dibaca oleh seluruh members grup, catatan ini bisa dijadikan
untuk media promosi bagi para pengusaha online
dalam memperkenalkan keunggulan produk yang dijual. Selanjutnya LINE juga
memiliki album di dalam grup tersebut. Album ini bisa digunakan sebagai media
untuk pengiriman contoh gambar produk sebagai
ajang untuk mempromosikan produk yang dijual oleh para pengusaha online ini.
v Voice Note
: Guna pesan suara memberikan kemudahan bagi para pengguna LINE dalam
berkomunikasi jika terdapat informasi yang sulit untuk dijelaskan melalui pesan
atau chating. Begitu juga dengan penggusaha
online, bisa menjelaskan kriteria produk yang dijual sehingga membuat
para calon pembeli yakin dengan kualitas barang yang ditawarkan.
v Free Call :
Free call ini bisa dimanfaatkan oleh
konsumen untuk berkomunikasi secara langsung guna untuk memastikan produknya
dan menjawab pertanyaan konsumen yang penasaran tentang produk-produk yang
ingin dibeli.
v Video Call :
Komunikasi bisnis yang ditawarkan oleh salah satu produk LINE yang juga gratis
ini antaranya adalah bisa mengenal rekan bisnis secara lebih dekat, memudahkan
untuk membicarakan hal-hal yang dianggap penting oleh pengusaha online. Selain itu video call ini juga bisa digunakan sebagai wadah komunikasi dengan
konsumen misalnya sebagai media untuk komunikasi langsung dengan melihat wajah
dari pengusaha online ataupun konsumen guna untuk meningkatkan kepercayaan
konsumen.
Strategi
Bisnis Yang Diterapkan Line
Sebagai media sosial yang diminati
para pelajar hingga pekerja, LINE tentu menggunakan strategi dalam memasarkan
produknya. Tidak hanya kepada para penggunanya, tetapi juga kepada para mitra.
Para mitra ini yang selanjutnya akan bersinergi untuk mempromosikan produk
mitra. Perusahaan LINE menawarkan kesempatan bagi para mitra untuk memiliki
akun resmi yang nantinya dijadikan sebagai tempat promosi.
Salah
satu alat promosi yang digunakan yaitu stiker. Stiker ini berguna untuk
menunjukkan logo ataupun identitas perusahaan yang nantinya dapat di unduh oleh
para pengguna, sehingga para pengguna lebih mengenal perusahaan mitra yang
bersangkutan. Selain melalui pemasangan stiker perusahaan, promosi juga dapat
dilakukan melalui fungsi timeline.
Melalui fungsi ini, klien dapat memposting segala diskon dan promosi lainnya
yang dapat dilihat para pengguna LINE yang berada dalam satu
pertemanan.Beberapa kerjasama yang dapat diajukan dalam menjalin kerjasama
antara perusahaan mitra dan perusahaan LINE, yaitu : (https://partner.line.me/in/)
·
Proposal
Kemitraan Publikasi
|
·
Proposal
Kemitraan Bisnis
|
·
Saluran
LINE
|
·
LINE
untuk Promosi
|
·
Sticker
|
·
Mitra
Toko Sticker
|
·
Proposal
Kemitraan Saluran
|
·
Proposal
Kemitraan Bisnis
|
·
Hak
Pelanggan
|
Komunikasi
bisnis yang ditawarkan LINE kepada para mitranya yaitu dengan menyediakan
tempat promosi bagi perusahaan mitra sehingga perusahaan mitra dapat dikenal
oleh para pengguna LINE dan pengguna LINE dapat bertambah dengan berbagai iklan
yang dilakukan oleh perusahaan mitra terkait aplikasi yang disediakan di
LINE. Bentuk proposal kemitraan yang
disediakan oleh perusahaan LINE:
Pengaruh
Line terhadap Penjualan Line Produk Line
Semakin meningkatannya pertumbuhan
pengguna sosial media dari tahun ketahun, memberikan peluang yang sangat besar bagi para pemasar
untuk lebih mendekatkan brand-nya
kepada konsumennya, Adanya promosi yang disponsori banyak pihak dan iklan yang
gencar, aplikasi yang bisa digunakan untuk IM gratis dan telepon via smartphone/tablet/desktop ini sekarang
telah menjadi jejaring sosial terlaris di 44 termasuk pengguna LINE di
Indonesia mencapai 23 juta pengguna setelah 5 bulan diluncurkan resmi dari 160
juta pengguna di seluruh dunia. LINE menggunakan celebrity yang sesuai dengan citranya dalam setiap penayangan iklan
produknya. jika ditinjau dari terus meningkatnya penjualan LINE sampai dengan
kuartal 1 2013. Pada kuartal 4 2012
penjualan LINE menyumbang 28% dari total penjualan NHN, dan pada kuartal 1 2013
LINE mengalami peningkatan menjadi 44% dari total penjulan NHN (www.nhncorp.com).
Pertumbuhan LINE terlihat sangat pesat,
mereka berhasil mendapatkan 100 juta pengguna dalam waktu 19 bulan. Jika
dibandingkan dengan pertumbuhan Twitter yang membutuhkan waktu 49 bulan untuk
mendapatkan 100 juta pengguna dan facebook membutuhkan waktu selama 54 bulan
untuk mengumpulkan 100 juta pengguna. Pendapatan LINE diperoleh antara lain
dari pemasangan iklan bagi perusahaan-perusahaan dan penjualan sticker LINE.
Seiring dengan meningkatnya penjualan LINE, perusahaan NHN menjalankan beberapa
langkah promosinya, yaitu salah satunya dengan menunjuk celebrity lokal sebagai celebrity
endorser LINE.Celebrity endoser
yang dinilai memiliki pengaruh besar dalam promosi LINE tersebut adalah Nidji,
Agnes Monica dll, Hal ini dimaksudkan
agar LINE mampu meraih perhatian audiens
di Indonesia. (http://ejournal.uajy.ac.id/4795/1/Artikel%20.pdf)
Pengaruh
Line Terhadap Tingkat Penjualan Dalam Bisnis
Dalam
penggunaan LINE semua pelanggan dapat melakukan penjualan bisnis dengan cepat
dan terpercaya, seperti promosi produk baru, promosi diskon harga, dan lain sebagainya
melalui iklan di LINE. Bukan hanya itu saja tapi bisa juga dijadikan tempat promosi untuk meningkatkan fans
seperti artis dan fans club seperti club bola dunia. Semua penjualan dan promosi tersebut dapat
dilakukan menggunakan akun resmi LINE yang dapat dipercaya karena LINE menyediakan akun-akun resmi untuk menghindari
adanya penipuan yang di khawatirkan oleh kebanyakan kalangan pengguna LINE. Contoh
akun-akun resmi LINE adalah sebagai berikut :
·
Indomart
Indomart menggunakan LINE sebagai media untuk promosi barang-barang yang
diskon. Contohnya promosi penjualan
tiket pesawat, iklan kupon diskon hotel di www. pegipegi.com, promo
i-kupon melalui struk pembelanjaan di indomart, promo pengiriman paket, bagi-bagi
kupon pada event-event tertentu (hari ibu, tahun baru),
·
Samsung Indonesia
Samsung mempromosikan segala bentuk
dan jenis keluaran produk baru yang mereka ciptakan. Dan pada event-event tertentu samsung akan mengadakan diskon
besar-besaran, semua info itu bisa di dapatkan melalui LINE.
·
Radio 987 GEN FM
987 GEN FM merupakan salah satu
nama radio di indonesia, dia menggnakan sarana LINE untuk memberitahukan
siaran-siaran terbaru, atau judul-judul
lagu yang akan nyayikan pada saat itu,
ucapan selamat natal dan tahun baru, dan untuk mengucapkan salam trimakasih
bagi sobat GEN yang telah ikutan kirim-kirim salam dan request lagunya.
·
Manchester United
Manchester United merupakan social
messaging platform terpopuler di Asia. Akun resmi Manchester United ini
diliris dalam bahasa Inggris dan bahasa lokal tersedia Jepang dan Thailand. Dengan
LINE Manchester United dapat memberikan
informasi mengenai para pemain bola, pemain pencetak gol, dan info seputar bola
dunia. (bola.metrotvnews.com)
·
Kantor berita BBC
Kantor berita asal inggris ini memiliki akun LINE resmi di 11 negara. BCC dapat menyiarkan berbagai
gambar berita utama dan video klip pendek dengan caption berita untuk dibaca para
follower-nya. (http://id.techinasia.com/akun-kantor-berita-bbc-tersedia-di-aplikasi-line/)
Contoh diatas merupakan sebagian kecil dari sekian banyak akun-akun
resmi yang ada di LINE untuk promisi.
PENUTUP
Kesimpulan
LINE
merupakan salah satu jejaring sosial sangat diminati oleh para pengusaha online
yaitu untuk mengembangkan usaha mereka yang berjualan melalui toko online.
LINE
juga memberikan fasilitas yang lengkap untuk para penggunanya. Dimana fasilitas
ini sangat mendukung pengusaha online untuk mempromosikan berbagai macam produk
yang mereka tawarkan. Bukan hanya pengusaha online saja yang bermain di LINE
ini, bahkan toko-toko yang sudah terkenalpun ikut mempromosikan produk-produk
mereka melalui LINE. Seperti Alfamart, Indomart, Samsung, Bolt, dan juga artis untuk
menaikan pamor mereka melalui sticker
ataupun official account yang ada
pada LINE.
Saran
1.
Dalam
melakukan komunikasi bisnis dengan LINE ada baiknya pengusaha online selalu
melaporkan usaha mereka kepada official
account LINE agar akun yang mereka buat resmi dan dipercaya oleh semua
pihak. Kepercayaan konsumen adalah hal yang utama dan paling penting sekali
dalam bisnis.
2.
Bagi
konsumen online ada baiknya sebelum melakukan pembelian secara online selau
meneliti akun-akun yang berjualan dengan cermat. Ini guna untuk menghindari
terjadinya hal-hal tidak diinginkan dalam pasar online. Atau konsumen bisa
meggunakan fasilitas-fasilitas yang tersedia di LINE seperti free call, video call.
Daftar
Pustaka
(bola.metrotvnews.com
(aplikasi Play
Store)
Post a Comment